Jumat, 22 Mei 2015

Listrik statis


Latar belakang

Listrik statis/electric static sering merusak  komponen elektronik misalnya semikonduktor, hal lain yang sering timbul adalah adanya adhesi debu oleh sifat statis benda , sengatan listrik, bahkan terjadi kebakaran. Oleh karena itu perlu pemahaman tentang listrik statis sehingga hal yang tidak diinginkan bisa dicegah dan menggunakan sifatnya yang terkendali untuk membersihkan ruangan dengan cara menarik debu.

Sasaran

Memahami prinsip kerja listrik statis
memahami hubungan listrik statis dan pengurangan debu

Apa itu listrik statis?
listrik statis adalah ketidakseimbangan jumlah muatan listrik negatif dan positif di dalam atau pada permukaan material/ objek

Agar memahami listrik statis ,pertama kita perlu paham  dasar atom dan sifat magnet
Semua objek/ benda tersusun dari atom-atom. Dalam atom atom terdapat proton, elektron  dan netron.  proton bemuatan positif, elektron bermuatan negatif, dan netron tidak bermuatan (neutral).Hampir semua objek mempunyai mutan positif yang berjumlah sama dengan muatan negaif yang menyebakannya balance sehingga objek ini tidak bersifat listrik statis.dan sebaliknya.

Karena ketidakseimbangan muatan inilah menjadi dasar yang digunakan untuk membersihkan ruangan dari debu. Ionizer adalah alat yang di rancang bermuatan negatif atau positif . sehinggan bisa menarik debu yang bermuatan berlawanan

 Ionizer udara  pada dasarnya adalah  alat atau sirkuit elektronik yg dirancang agar menghasilkan voltase di level  kilo-volts agar ada efek ionizing . voltase tinggi  yang dihasilkan  ionizer sebenarnya di atur (set) agar menghasilkan  voltase negatif, di sekitar  - 4 kV.

   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar